Cara Masak Jamur Grigit yang Benar Supaya Lebih Enak dan Gurih

Diposting pada
Cara Masak Jamur Grigit yang Benar Supaya Lebih Enak dan Gurih
Cara Masak Jamur Grigit yang Benar Supaya Lebih Enak dan Gurih

OmahJamur.com. Cara Masak Jamur Grigit – Jamur grigit atau jamur gerigit merupakan salah satu jenis jamur konsumsi yang termasuk dari keluarga jamur kayu. Jamur ini biasanya tumbuh liar pada kayu yang sudah lapuk dan suhu yang lembap. Jamur grigit memiliki ukuran tubuh yang cukup kecil, hanya dengan lebar sekitar 1-4 centimeter saja. Teksturnya padat namun kenyal dan berserat, jamur grigit ini punya cita rasa yang gurih dan enak saat dioleh menjadi masakan.

Memasak jamur grigit sebenarnya hampir sama dengan jamur konsumsi lainnya, seperti jamur tiram putih, jamur tiram coklat, jamur kuping dan lain sebagainya. Kita bisa mengolah jamur jenis ini sebagai tumisan, campuran kuah sup, bahan pengganti daging dan masih banyak lagi yang lainnya. Akan tetapi, masih banyak orang yang bingung dengan cara memasak jamur grigit tersebut agar lebih sehat, kenyal, dan juga gurih. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Masak Jamur Grigit yang Benar Supaya Lebih Enak dan Gurih

Cara Masak Jamur Grigit yang Benar Supaya Lebih Enak dan Gurih
Cara Masak Jamur Grigit yang Benar Supaya Lebih Enak dan Gurih

Untuk membuat olahan dari bahan jamur grigit, penting untuk mengetahui tips untuk memasaknya agar hasil masakan lebih enak dan menyehatkan. Karena jika kita salah dalam cara mengolah jamur grigit ini, kemungkinan akan membuat nutrisi di dalam jamur hilang. Serta juga berdampak pada cita rasa jamur yang kurang enak, hambar, serta bertekstur lembek.

Adapun cara masak jamur grigit yang benar supaya teksturnya tetap kenyal, gurih, dan menyehatkan selengkapnya, sebagai berikut:

1. Memilih Jamur Grigit yang Bagus dan Segar

Pertama yang perlu kamu lakukan adalah memilih jamur gerigit yang bagus dan masih terlihat segar. Ini bisa dilihat dari ciri-ciri jamur grigit yang memiliki warna cerah, tidak lengket, beraroma khas seperti aroma kayu, serta warnanya yang seragam.

Untuk warna umum dari jamur grigit ini tampak kecokelatan hingga putih pucat. Jika kamu menemukan jamur grigit yang warnanya lain dari itu, maka sebaiknya jangan memilihnya. Aroma khas seperti kayu menandakan jamur grigit masih bagus dan layak untuk dikonsumsi. Serta permukaan jamur tidak berlendir menandakan jamur masih baru dipetik atau dipanen.

2. Menciptakan Tekstur Kenyal pada Jamur Grigit

Langkah ini sangat penting untuk dilakukan untuk menjaga tekstur kenyal dari jamur grigit, namun tetap enak saat dimakan. Cara ini juga sekaligus untuk membersihkan jamur dan melepaskan kotoran yang menempel, serta membunuh bakteri jahat yang ada pada jamur grigit.

Terdapat dua metode yang bisa dilakukan untuk persiapan jamur grigit sebelum diolah menjadi masakan ini, di antaranya:

Metode 1. Siram dengan Air Panas dan Bilas

  1. Pertama kamu siapkan wadah seperti mangkuk besar dan taruh jamur grigit di dalamnya.
  2. Kemudian kamu siramkan air panas ke dalam mangkuk besar yang terdapat jamur grigit tersebut. Diamkan sekitar 30 detik, kemudian buang air panasnya. Jangan terlalu lama agar tidak membuat jamur grigit lembek dan mudah hancur.
  3. Selanjutnya pindahkan jamur grigit ke wadah yang memiliki lubang kecil-kecil.
  4. Kemudian bilas jamur grigit sebanyak 2 kali bilasan menggunakan air dingin bersih.
  5. Lalu tiriskan jamur grigitnya.

Metode 2. Merendam Jamur Grigit dengan Air

  1. Siapkan wadah mangkuk besar dan masukkan jamur grigit ke dalamnya.
  2. Kemudian masukkan air secukupnya ke dalam mangkuk besar tersebut hingga semua jamur terendam.
  3. Kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit di suhu ruang.
  4. Jika sudah, selanjutnya tiriskan jamur grigitnya.

Langkah ini sering diabaikan oleh banyak orang, padahal peranannya sangat penting untuk membuat jamur bersih dan bertekstur kenyal namun tetap mudah untuk dikunyah.

3. Membuat Tumisan Jamur Grigit

Jamur grigit yang sudah dibesihkan dan siram air panas atau direndam air, sekarang kamu sudah bisa menggunakannya sebagai bahan masakan. Paling enak jamur grigit ini diolah menjadi tumisan, baik itu dicampur dengan sayuran lain atau hanya jamur grigit saja. Untuk menjadikannya sebagai tumisan, kamu perlu menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan, seperti:

Bahan-bahan

  • 250 gram jamur grigit
  • 100 ml air bersih
  • 2 sendok makan minyak goreng

Bumbu

  • 3 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 buah tomat (sesuai selera)
  • Cabe rawit sesuai selera
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula
  • 1/2 sendok teh penyedap rasa

Jika sudah disiapkan semua bahan-bahan di atas, sekarang lanjut ke cara masak jamur grigit menjadi tumisan yang enak, yakni:

  1. Pertama haluskan bawang merah dan bawang putih.
  2. Kemudian iris-iris cabe rawit dan tomatnya.
  3. Selanjutnya nyalakan kompor dan siapkan wajan tumisan. Lalu tuangkan minyak goreng dan panaskan.
  4. Sekarang masukkan bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan tadi dan tumis hingga mengeluarkan aroma harum.
  5. Selanjutnya masukkan irisan cabe lalu masak hingga agak layu. Kemudian tambahkan air yang sudah disiapkan tadi dan aduk-aduk hingga mendidih.
  6. Setelah mendidih, lanjut dengan memasukkan jamur grigit yang sudah disiapkan tadi dan aduk-aduk kembali. Masukkan juga irisan tomat dan aduk-aduk, lalu masak hingga matang dan air pada tumisan menyusut.
  7. Jika dirasa sudah matang, angkat dan sajikan tumisan jamur grigitnya.

Selain membuat tumisan, jamur grigit juga bisa kamu olah menjadi sup jamur, perkedel, batok jamur grigit dan lain sebagainya.

Itulah tadi cara masak jamur grigit yang benar supaya cita rasanya lebih enak, kenyal, gurih, serta tetap menyehatkan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *