Cara Memasak Jamur Kancing yang Benar, Enak dan Menyehatkan

Diposting pada
Cara Memasak Jamur Kancing yang Benar, Enak dan Menyehatkan
Cara Memasak Jamur Kancing yang Benar, Enak dan Menyehatkan

OmahJamur.com. Cara Memasak Jamur Kancing – Ada banyak jenis jamur yang dapat dikonsumsi, dan cara memasak atau mengolah masing-masing jenis jamur tersebut berbeda tentunya. Kesalahan dalam mengolah jamur konsumsi akan membuat cita rasanya menjadi kurang enak, serta nutrisinya bisa saja hilang. Jamur sendiri memiliki banyak kandungan gizi yang menyehatkan bagi tubuh, bahkan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.

Dalam artikel kali ini akan dibahas bagaimana cara mengolah jamur kancing yang benar agar lebih sehat dan memiliki cita rasa enak. Memasak jenis jamur yang bisa dimakan satu ini memang bisa dibilang berbeda dengan jenis jamur yang umum ditemukan di alam. Dagingnya yang tebal membuatnya lebih kenyal dan butuh trik khusus agar dagingnya tersebut mudah saat dikunyah. Informasi selengkapnya mengenai cara masak jamur kancing yang baik dan benar bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Memasak Jamur Kancing yang Benar, Enak dan Menyehatkan

Cara Memasak Jamur Kancing yang Benar, Enak dan Menyehatkan
Cara Memasak Jamur Kancing yang Benar, Enak dan Menyehatkan

Jamur kancing dikenal juga dengan sebutan jamur champignon atau jamur kompos, di mana jenis jamur ini cukup populer dikonsumsi oleh masyarakat kita. Rasanya yang gurih dan enak membuat banyak orang menyukai jamur satu ini. Jamur kancing juga dapat dijadikan berbagai olahan masakan yang lezat untuk keluarga.

Namun, perlu trik khusus untuk memasak dan mengolah jamur kancing agar cita rasanya lebih enak dan bikin nagih. Salah dalam mengolah jamur ini akan membuat jamur alot, rasanya hambar, atau bahkan terlalu lembek. Agar tidak terjadi hal semacam ini, berikut beberapa cara memasak jamur kancing yang enak dan tidak bau selengkapnya, sebagai berikut:

1. Memilih Jamur Kancing yang Bagus dan Segar

Masakan yang enak tidak luput dari kualitas bahan masakan yang digunakan masih bagus dan segar. Termasuk juga saat mengolah jamur kancing, jamur yang masih segar dan bagus akan menentukan kualitas dan cita rasa masakan. Jamur kancing yang masih segar biasanya memiliki warna yang terang, permukaannya halus dan mulus, dan tidak keras saat dipencet.

Selain segar, pastikan jamur kancing yang dipilih kualitasnya yang terbaik atau bagus. Bisa dilihat dari bentuk jamur yang bulat sempurna dan ukurannya yang besar-besar, serta tidak terlihat ada cacat pada jamur. Jamur kancing berkualitas bagus seperti ini akan menentukan cita rasa masakan.

2. Membersihkan Jamur Kancing

Kebersihan dari jamur juga akan menentukan cita rasa masakan yang akan dibuat nantinya. Bersihkan jamur dengan membuat bagian yang tidak diperlukan, misalnya di bagian bawah batang / akar. Selain itu, jika ada bagian yang menghitam atau cacat, kamu bersihkan dengan pisau.

Setelah itu, bersihkan kotoran yang menempel pada jamur dengan menggunakan air bersih. Bersihkan satu per satu jamur kancing secara perlahan, jangan terlalu keras saat membersihkannya.

3. Gunakan Jeruk Nipis

Jika kamu kurang suka dengan aroma khas dari jamur kancing, maka cara ini bisa diterapkan. Kamu dapat menghilangkan aroma kurang sedap dari jamur kancing dengan menggunakan perasan jeruk nipis.

Air perasan jeruk nipis bisa kamu lumurkan pada jamur kancing hingga merata, kemudian diamkan sebentar saja. Kita tahu perasan jeruk nipis memang cukup ampuh untuk menghilangkan aroma khas dari bahan masakan, misalnya saja bau amis pada ikan dan lain sebagainya.

4. Merebus Jamur Kancing

Agar jamur kancing memiliki tekstur yang tidak terlalu alot saat dimasak, maka kamu perlu merebusnya terlebih dahulu. Siapkan panci yang berisi air, kemudian masukkan sedikit garam dan rebus air hingga mendidih.

Jika air sudah mendidih, selanjutnya kamu masukkan jamur kancing dan biarkan sebentar saja. Lalu matikan kompor dan tiriskan jamur kancing, lalu dinginkan dengan air es atau air dingin untuk menghentikan proses pematangannya. Diamkan selama beberapa menit saja, lalu tiriskan.

5. Memasak Jamur Kancing

Cara memasak jamur kancing yang terakhir yakni dengan mengolahnya menjadi berbagai jenis masakan. Baik itu, membuatnya sebagai tumisan, campuran kuah sup, sate jamur kancing, jamur kancing panggang dan lain sebagainya.

Untuk menjadikan jamur kancing sebagai tumisan, kamu perlu potong-potong dulu jamur kancingnya sesuai selera. Cara ini berguna agar bumbu masakan dapat meresap sempurna ke dalam daging jamur sehingga cita rasanya lebih enak dan bikin nagih.

Itulah tadi cara memasak jamur kancing yang benar agar hasil masakan terasa lebih enak dan menyehatkan. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *