Cara Memasak Jamur Kuping yang Benar, Tidak Bau dan Kenyal

Diposting pada
Cara Memasak Jamur Kuping yang Benar, Tidak Bau dan Kenyal
Cara Memasak Jamur Kuping yang Benar, Tidak Bau dan Kenyal

OmahJamur.com. Cara Memasak Jamur Kuping – Ada banyak jenis jamur konsumsi yang bisa kita temukan saat ini dan beberapa menjadi cukup populer di kalangan masyarakat kita. Salah satunya adalah jamur kuping yang memiliki cita rasa gurih, kenyal dan enak disantap. Jamur kuping sendiri cocok dijadikan bahan berbagai macam olahan masakan, mulai dari tumisan, campuran sup, campuran mie dan lain sebagainya.

Jamur kuping memiliki bentuk yang unik dengan warnanya hitam agak kecokelatan. Teksturnya kenyal mirip seperti kulit hewan saat dimasak, serta memiliki cita rasa yang khas. Jamur kuping bisa kita temukan di alam dengan mudah, beberapa orang juga telah berhasil membudidayakannya. Memasak jamur kuping perlu trik khusus agar rasa masakan menjadi enak dan lezat. Informasi selengkapnya mengenai cara mengolah jamur kuping untuk berbagai masakan tersebut bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Memasak Jamur Kuping yang Benar, Tidak Bau dan Kenyal

Cara Memasak Jamur Kuping yang Benar, Tidak Bau dan Kenyal
Cara Memasak Jamur Kuping yang Benar, Tidak Bau dan Kenyal

Jamur kuping memiliki bentuk dan tekstur daging yang berbeda dengan jamur pada umumnya. Ini membuat cara memasak jamur jenis ini juga berbeda dengan jenis jamur lainnya tersebut. Kesalahan dalam memasak jamur kuping akan membuat teksturnya keras, alot, bau tidak sedap serta kurang enak saat disantap. Untuk itu, pada artikel kali ini akan dijelaskan tips masak jamur kuping yang benar bisa kalian terapkan nantinya.

Adapun cara memasak jamur kuping yang benar, tidak bau dan bertekstur kenyal selengkapnya, sebagai berikut:

1. Memilih Jamur Kuping yang Berkualitas Bagus

Jamur kuping yang berkualitas bagus akan membuat cita rasanya lebih gurih dan enak saat dijadikan olahan masakan. Selain itu, nutrisi yang terkandung di dalamnya akan terjaga dan lebih maksimal diserap oleh tubuh.

Jamur kuping yang bagus memiliki bentuk yang sempurna dan tidak ada cacat pada dagingnya. Warna jamur kuping terlihat kecokelatan dengan permukaannya yang mulus. Jika terdapat warna keabu-abuan, kemungkinan jamur kuping tersebut sudah lawas sehingga kurang enak saat dimasak.

2. Mencuci Bersih Jamur Kuping

Sudah menyiapkan jamur kuping yang ingin dimasak, selanjutnya kamu bersihkan dulu dengan air bersih. Gunakan air mengalir untuk memudahkan pembersihkan kotoran yang menempel pada jamur kuping.

Kamu bisa membersihkan sela-sela pada jamur kuping secara lembut untuk melepas kotoran yang menempel. Cara ini bisa dilakukan untuk jenis jamur kuping kering maupun basah atau segar.

3. Melembekkan Jamur Kuping Kering

Di pasaran dijual jamur kuping kering dan jamur kuping basah atau segar, dan keduanya berbeda cara pengolahannya. Untuk cara mengolah jamur kuping kering, kamu perlu merendamnya terlebih dahulu dengan air hangat selama kurang lebih 30 menit. Untuk mempercepat pelembekan jamur kuping, kamu bisa memotong jamur kuping menjadi beberapa bagian.

Jika kamu kurang suka dengan aroma dari jamur kuping, kamu dapat menambahkan garam pada air rendaman tersebut. Bukan hanya dapat menghilangkan bau kurang sedap pada jamur kuping, garam juga akan membuat tekstur jamur kuping lebih kenyal dan lembut. Dengan begitu jamur kuping akan lebih enak saat dimasak nantinya.

4. Menghilangkan Bau pada Jamur Kuping Basah

Berikutnya ini adalah cara memasak jamur kuping basah agar tidak bau tanah. Siapkan air dalam wadah mangkuk, kemudian isi dengan campuran air dan sedikit garam. Masukkan jamur kuping basah ke dalam campuran air dan garam tersebut dan rendam selama beberapa menit.

Cara ini bertujuan untuk menghilangkan aroma tanah pada jamur kuping yang akan menjadikan masakan lebih enak. Selain itu, tujuan lainnya untuk membuat tekstur daging jamur lebih kenyal dan lembut, serta melepaskan kotoran yang menempel pada jamur.

5. Tiriskan Jamur dan Iris-iris

Jika dirasa sudah cukup merendamnya, sekarang kamu tiriskan jamur dari air rendaman tadi. Untuk jamur kuping kering, sekarang teksturnya akan menjadi lembek dan kenyal setelah dilakukan perendaman. Selain itu, aroma tanah yang khas pada jamur kuping sekarang akan menghilang berkat penggunaan garam.

Selanjutnya kamu iris jamur kuping dengan ukuran sesuai selera atau jenis masakan yang ingin dibuat. Untuk tumisan atau campuran kuah sup, jamur kuping dengan potongan besar-besar rasanya lebih cocok. Ketika sudah direndam, biasanya terdapat beberapa bagian pada jamur kuping yang masih keras. Kamu cukup membuang bagian yang keras tersebut dan membuang agar tidak mengganggu cita rasa masakan.

6. Mengolah Jamur Kuping Menjadi Olahan Masakan

Dan yang terakhir kamu sudah siap menggunakan jamur kuping untuk dijadikan bahan olahan masakan. Jamur kuping bisa dijadikan berbagai macam masakan enak, mulai dari tumisan, kuah sup, campuran mie, campuran tempe dan tahu dan lain sebagainya.

Itulah tadi cara memasak jamur kuping yang benar agar masakan tidak bau tanah dan bercita rasa gurih serta enak. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *