Cara Membuat Bakso Jamur Tiram yang Sehat Buat yang Anti-Daging

Diposting pada
Cara Membuat Bakso Jamur Tiram yang Sehat Buat yang Anti-Daging
Cara Membuat Bakso Jamur Tiram yang Sehat Buat yang Anti-Daging

OmahJamur.com. Cara Membuat Bakso Jamur Tiram – Pengolahan jamur tiram sering dimodifikasi menjadi bahan makanan pengganti daging untuk berbagai olahan masakan. Misalnya yang lagi menjadi tren sekarang ini, yang mana jamur tiram dijadikan sebagai olahan sate jamur yang nikmat. Tekstur daging dari jamur tiram terasa kenyal mirip seperti daging hewan, baik itu ayam, sapi, kambing dan lain sebagainya.

Selain dijadikan sebagai olahan sate, jamur jenis ini juga dapat diolah menjadi bakso yang enak dan gurih. Dalam hal ini cita rasa bakso jamur jenis ini tidak kalah enak dengan bakso yang dibuat dari bahan daging hewan. Cara pembuatannya pun terbilang sangat mudah, serta praktis untuk dijadikan hidangan keluarga tercinta. Mengenai cara masak bakso jamur tiram selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Membuat Bakso Jamur Tiram yang Sehat Buat yang Anti-Daging

Cara Membuat Bakso Jamur Tiram yang Sehat Buat yang Anti-Daging
Cara Membuat Bakso Jamur Tiram yang Sehat Buat yang Anti-Daging

Olahan bakso jamur tiram tanpa telur dan dengan tambahan telur sedang ramai diperbincangkan di media sosial. Bahkan resep bakso jamur jenis ini ini banyak muncul di situs penyedia resep masakan, seperti Cookpad. Cita rasa dari bakso jamur jenis ini ini tidak kalah enak dengan bakso yang dibuat dari daging hewan. Selain itu, harga bahan-bahannya yang lebih murah membuat semua kalangan dapat dengan mudah membuatnya.

Untuk memasak bakso dari bahan jamur jenis ini, kamu perlu alat khusus yang digunakan untuk menghaluskan bahan-bahannya, yakni chopper blender. Masakan satu ini sangat cocok untuk para vegetarian yang ingin merasakan nikmatnya makan bakso.

Adapun cara membuat bakso jamur tiram yang sehat dan cocok untuk vegetarian selengkapnya, sebagai berikut:

Langkah 1. Menyiapkan Bahan-Bahan Masakan

Sebelum lanjut ke cara membuat olahan bakso jamur tiram, perlu disiapkan dulu bahan-bahan yang akan digunakan, di antaranya:

Bahan Bakso

  1. 250 gram jamur tiram
  2. 100 gram tepung tapioka
  3. 60 gram tepung terigu
  4. 1 buah telur ayam
  5. 1 sendok makan bawang putih (sudah digoreng)
  6. 1 sendok makan bawang merah (sudah digoreng)
  7. 1 sendok teh garam
  8. 1 sendok teh kaldu bubuk
  9. ½ sendok teh merica bubuk

Bahan untuk Kuah

  1. 1,5 liter air
  2. 1 sendok makan bawang merah (sudah digoreng)
  3. 1 sendok makan bawang putih (sudah digoreng)
  4. 1 sendok teh garam
  5. ½ sendok teh gula pasir
  6. 1 sendok teh kaldu bubuk
  7. ½ sendok teh merica bubuk

Untuk penggunaan garam, gula dan bumbu lainnya sebenarnya bisa diatur sesuai selera. Karena lidah orang berbeda-beda dalam mendefinisakan rasa dari sebuah masakan.

Langkah 2. Cara Membuat Bakso Jamur Tiram

Setelah semua bahan di atas disiapkan, sekarang lanjut ke proses untuk membuat bakso jamur tiram putih, yakni:

  1. Langkah pertama jamur tiram dibersihkan dengan mengguyurnya menggunakan air bersih. Kemudian dikukus sebentar saja dan angin-anginkan hingga menjadi dingin.
  2. Sekarang siapkan chopper blender dan tancapkan konektor kabel powernya ke colokan listrik.
  3. Masukkan jamur, bawang merah, bawang putih, garam, kaldu bubuk, merica dan telur yang sudah disiapkan tadi. Kemudian blender hingga halus, lalu pindahkan ke wadah lain.
  4. Tambahkan tepung tapioka dan tepung terigu, kemudian aduk hingga tecampur merata.
  5. Didihkan air dalam panci dan buat bulatan dari adonan seperti membuat bakso pada umumnya. Masak hingga baksonya mengambang lalu angkat dan tiriskan.
  6. Selanjutnya membuat kuah baksonya, kamu siapkan panci dan didihkan 1,5 liter air.
  7. Masukkan bumbu-bumbu yang sudah disiapkan tadi ke dalam kuah. Kamu juga bisa menambahkan tulangan untuk menguatkan rasa kaldu dari kuah baksonya.
  8. Sekarang sajikan bakso dengan kuah kaldu tersebut. Kamu bisa menambahkan saos, kecap dan cabe halus, serta sayuran lain untuk pelengkap.
  9. Selesai.

Bakso jamur lezat siap untuk disantap bersama keluarga atau teman. Tidak butuh mahal untuk bisa membuat bakso ala rumahan yang enak dan lezat. Cukup dengan menggunakan bahan jamur, olahan bakso unik dan kekinian sudah bisa kita buat.

Itulah tadi cara membuat bakso jamur yang sehat dan nikmat bisa kamu coba sendiri di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *