Cara Membuat Bibit Jamur Lingzhi untuk Pemula

Diposting pada
Cara Membuat Bibit Jamur Lingzhi untuk Pemula
Cara Membuat Bibit Jamur Lingzhi untuk Pemula

OmahJamur.com. Cara Membuat Bibit Jamur Lingzhi – Jamur lingzhi merupakan salah satu jenis jamur konsumsi dari keluar jamur kayu yang cukup banyak ditemukan di alam liar. Jamur lingzhi dapat dikenali dengan mudah dari bentuknya yang unik dengan warna bervariasi pada tubuhnya. Warnanya tersebut mulai dari putih, oranye, merah kecokelatan hingga hitam. Jamur lingzhi memiliki tekstur yang keras, tidak seperti jamur konsumsi pada umumnya.

Jamur lingzhi lebih sering dimanfaatkan sebagai obat herbal yang bisa diolah menjadi beberapa bentuk, mulai dari kapsul, bubuk, teh seduh dan lain sebagainya. Jamur lingzhi memiliki nilai jual yang cukup tinggi di pasaran, tidak heran mulai banyak orang yang mencoba membudidayakannya. Dalam proses budidaya jamur lingzhi, pembibitan sangat penting untuk diketahui terlebih dahulu.

Cara Membuat Bibit Jamur Lingzhi untuk Pemula

Cara Membuat Bibit Jamur Lingzhi untuk Pemula
Cara Membuat Bibit Jamur Lingzhi untuk Pemula

Tidak jauh berbeda dengan jamur kayu pada umumnya, jamur lingzhi dapat dibudidayakan menggunakan media tanam berupa baglog. Ini merupakan campuran serbuk gergaji kayu dan bahan lainnya yang dibungkus dengan wadah plastik. Kemudian ditekan-tekan atau dipress hingga padat, lalu disterilkan sebelum nantinya ditanami bibit jamur lingzhi-nya.

Bagi pemula mungkin masih bingung dengan cara penyiapan bibit jamur lingzhi dari awal hingga bisa ditanam dan tumbuh menjadi jamur siap panen. Tidak perlu bingung, karena pada artikel kali ini akan kami jelaskan cara membuat bibit jamur lingzhi tersebut. Cara membuatnya pun terbilang sangat mudah, bahkan bagi kamu yang masih pemula pun bisa melakukannya.

Mengenai langkah-langkah untuk membuat bibir jamur lingzhi yang mudah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Penyiapan Bibit atau Substrat Jamur Lingzhi

Proses pertama yang perlu dilakukan untuk pembuatan bibit jamur lingzhi adalah menyiapkan indukan jamur lingzhi. Indukan jamur ini akan diambil substratnya, kemudian bisa dijadikan bibit untuk budidaya nanti. Untuk indukannya sendiri bisa mengambil indukan jamur lingzhi F1 atau F2.

Indukan F1 jamur lingzhi ini bisa kamu dapatkan di penjual yang sudah terpercaya. Carilah di komunitas jamur baik online maupun offline, biasanya di sana ada penjual jamur lingzhi F1 atau F2 untuk indukannya tersebut.

Untuk bibit jamur lingzhi yang akan dibudidayakan, lebih cocok memang dari tingkat F2, F3 dan F4. Jangan diturunkan lagi ke F5 dan seterusnya, karena bibit dengan tingkatan ini sudah tidak direkomendasikan untuk dibudidaya atau pembesaran.

2. Menyiapkan Media Tanam

Setelah mendapatkan substrat jamur lingzhi F2, F3 atau F4, sekarang waktunya untuk menyiapkan media tanamnya. Media tanam yang akan digunakan di sini adalah baglog yang sama dengan media tanam jamur kayu lainnya, seperti jamur tiram, jamur kancing, jamur kuping dan lain sebagainya.

Untuk penyiapan media tanam ini terdapat beberapa tahapan yang perlu dilakukan, di antaranya:

Langkah 1. Pecampuran Bahan untuk Media Tanam

Pada langkah ini kamu bisa menyiapkan dulu beberapa bahan yang akan dijadikan media tanam. Mulai dari serbuk gergaji kayu, bekatul atau dedak, kapur, tepung jagung, pupuk ZA + TSP + Urea (opsional), air secukupnya.

Ayak serbuk gergaji kayu dan bekatul secara terpisah dan ambil yang bagian halusnya saja. Kemudian campurkan semua bahan yang disiapkan tadi dengan takaran sesuai aturan. Aduk-aduk hingga merata, kemudian diamkan selama kurang lebih 4-6 hari untuk proses fermantasi. Tujuan dari fermentasi ini untuk membunuh bakteri dan jamur liar yang bisa saja tumbuh.

Lakukan pengadukan ulang setidaknya 2 hari sekali agar proses fermentasinya lebih matang merata. Media tanam siap digunakan jika warnanya berubah menjadi agak kehitaman, menandakan proses fermentasi sudah berhasil.

Langkah 2. Membuat Baglog Jamur Lingzhi

Setelah proses fermentasi selesai, selanjutnya kamu masukkan ke dalam wadah plastik khusus baglog, kemudian dipres agar padat. Pasang cincin baglog dan tutupi lubangnya dengan kapas. Terakhir tutup ujung baglog tersebut dengan penutup khusus yang disediakan.

Langkah 3. Sterilisasi Baglog Jamur Lingzhi

Jika sudah selesai semuanya, sekarang waktunya melakukan sterilisasi pada baglog yang sudah dibuat tadi. Proses ini bisa dilakukan di dalam kumbung khusus yang tertutup dan kemudian diliri uap panas. Pastikan suhu di dalam kumbung tetap stabil, berkisar antara 90-120 derajat celcius.

Untuk suhu panasnya ini didapatkan dari hasil pembakaran yang uap panasnya dialirkan ke dalam kumbung melalui selang. Proses sterilisasi ini berlangsung antara 6-8 jam, kemudian diamkan baglog hingga dingin.

3. Menanam Bibit Jamur Lingzhi

Media tanam berupa baglog sudah siap untuk digunakan dan ditanami bibit jamur lingzhi. Proses penanaman substrat jamur ini disebut dengan inokulasi, yang mana pengerjaannya harus dilakukan di ruangan yang steril. Tujuannya untuk mencegah kontaminasi pada media tanam sehingga menyebabkan bibit jamur gagal tumbuh.

Cara menanam bibit jamur lingzhi ini harus dilakukan dengan hati-hati dan semua alat yang digunakan harus steril, termasuk tangan kita. Mensterilkan tangan bisa menggunakan alkohol 70%, sementara alat-alat lainnya bisa disterilkan dengan alkohol 70% dan pembakaran di atas api spiritus.

4. Memasukkan Baglog yang Berisi Bibit ke Ruang Inkubasi

Sebelum masuk ke dalam ruang pembesaran jamur lingzhi, kita perlu menaruh baglog yang sudah melalui proses inokulasi tadi ke dalam ruang inkubasi. Proses ini bertujuan untuk menumbuhkan miselium jamur hingga muncul bakal jamur.

Ruang inkubasi harus memiliki suhu sekitar 30-35 derajat dengan tingkat kelembapan udara mencapai 90%-100%. Proses ini akan memakan waktu sekita 15-30 hari hingga miselium menutupi ¾ baglog.

5. Bibit Jamur Siap untuk Dibesarkan

Dalam tahap ini sebenarnya kita sudah selesai membuat bibit jamur lingzhi. Selanjutnya adalah proses pembesaran dan perawatan hingga jamur siap untuk dipanen. Untuk masa panen jamur lingzhi sendiri yakni 15 hari terhitung setelah munculnya bakal jamur.

Itulah tadi cara membuat bibit jamur lingzhi yang mudah untuk pemula bisa kalian terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *