3 Cara Mengolah Jamur Lingzhi untuk Ramuan Herbal

Diposting pada
3 Cara Mengolah Jamur Lingzhi untuk Ramuan Herbal
3 Cara Mengolah Jamur Lingzhi untuk Ramuan Herbal

OmahJamur.com. Cara Mengolah Jamur Lingzhi – Ada banyak jenis jamur yang tumbuh liar di alam, beberapa ada yang bisa dikonsumsi dan beberapa lainnya beracun. Salah satu jenis jamur yang aman dikonsumsi oleh manusia adalah jamur lingzhi. Berbeda dengan jamur konsumsi lainnya, jamur lingzhi lebih dikhususkan sebagai jamur obat.

Jamur lingzhi memiliki banyak kandungan nutrisi baik di dalamnya sehingga diklaim dapat mencegah, mengatasi dan mengobati beberapa jenis penyakit. Salah satunya yang paling terkenal adalah jamur lingzhi ini bisa dijadikan sebagai obat anti-kanker. Di dalam jamur ini terdapat nutrisi penting yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, sehingga mencegahnya untuk terus tumbuh.

Namun, tidak boleh sembarangan mengolah jamur lingzhi untuk dijadikan obat herbal. Bisa jadi olahan jamur lingzhi yang dibuat tidak memberikan efek apa-apa terhadap tubuh, dikarenakan salah dalam mengolahnya. Informasi selengkapnya mengenai cara pengolahan jamur lingzhi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Mengolah Jamur Lingzhi untuk Ramuan Herbal

Cara Mengolah Jamur Lingzhi untuk Ramuan Herbal
Cara Mengolah Jamur Lingzhi untuk Ramuan Herbal

Jamur Lingzhi sejak ribuan tahun lalu sudah dipercaya sebagai salah satu bahan obat paling ampuh untuk berbagai macam penyakit. Jamur jenis ini banyak tumbuh di Asia, mulai dari Cina, Jepang hingga Korea. Bentuknya memang tidak seperti jamur pada umumnya, yang mana tekstur dari jamur lingzhi ini cukup keras.

Bentuknya unik dan biasa tumbuh melekat pada batang atau akar pohon yang sudah lapuk. Teksturnya cukup keras seperti kayu dengan warna yang bervariasi, mulai dari warna oranye, cokelat kemerahan hingga putih di bagian bawahnya. Untuk rasanya sendiri sangat pahit, tentunya butuh pengolahan khusus agar dapat dikonsumsi sebagai obat herbal.

Terdapat beberapa cara mengolah jamur lingzhi yang benar untuk dijadikan ramuan herbal untuk berbagai macam penyakit. Namun, jika kamu enggan mengolahnya secara mandiri, maka bisa membeli ramuan jamur lingzhi kemasan. Ada yang dijual dalam bentuk tablet, kapsul, ataupun jamur kering untuk seduhan teh. Mengenai cara mudah untuk membuat ramuan herbal dari jamur lingzhi selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mengeringkan Jamur Lingzhi

Cara pertama untuk mengolah jamur lingzhi menjadi obat herbal berkhasiat tinggi yakni dengan mengeringkannya. Pertama kamu bersihkan terlebih dahulu jamur lingzhi, kemudian iris-iris memanjang agar lebih cepat keringnya. Jika sudah, selanjutnya kamu jemur irisan jamur lingzhi tadi di bawah sinar matahari selama beberapa hari.

Jika sudah dipastikan kering, kemudian kamu angkat dan taruh dalam wadah kedap udara. Untuk mengonsumsinya, kamu bisa menyeduh secukupnya irisan jamur lingzhi kering tadi dengan air untuk dijadikan teh. Untuk menghilangkan rasa pahit dari jamur lingzhi, kamu bisa mencampurkan madu secukupnya.

2. Menjadikan Jamur Lingzhi Sebagai Bubuk

Ini sebenarnya bisa dijadikan langkah lanjutan setelah mengeringkan jamur lingzhi. Menjadikannya sebagai bubuk atau serbuk akan memaksimalkan pemanfaatannya sebagai obat herbal. Menghaluskan jamur lingzhi kering bisa menggunakan blender, tumbukan atau alat lainnya.

Siapkan 1 sendok bubuk jamur lingzhi dan 2-3 gelas kecil air bersih, lalu masak selama beberapa saat. Memasaknya sampai menyisakan setengah dari total air yang dimasukkan sebelumnya. Diamkan beberapa saat sampai agak hangat, kemudian kamu bisa meminumnya. Ramuan ini dapat diminum 2 kali sehari agar manfaat yang diberikan lebih optimal.

Untuk mengolah jamur lingzhi bubuk dengan cara ini, pastikan kamu tidak menggunakan panci yang terbuat dari bahan aluminium. Lebih disarankan memasaknya menggunakan panci yang terbuat dari tanah liat atau stainless steel.

3. Mencampurkan Jamur Lingzhi dengan Bahan Lain

Selain itu, kamu dapat mencampurkan jamur lingzhi dengan bahan lainnya agar manfaat yang diberikan semakin maksimal. Di sini kamu bisa menggunakan tambahan jahe dan jamur shiitake. Ketiga bahan tersebut nantinya direbus dalam satu wadah kemudian diminum air rebusannya.

Cara membuatnya pun sangat mudah, cukup sediakan air secukupnya dalam wadah panci. Kemudian iris-iris jahe masukkan ke dalam panci yang berisi air tadi. Bersihkan shiitake dan masukkan juga ke dalam panci. Selanjutnya masukkan irisan jamur lingzhi yang sudah dikeringkan sebelumnya. Masak selama beberapa jam hingga airnya berubah warna agak kehitaman. Minumlah air rebusan tersebut secara langsung atau mencampurkannya terlebih dahulu dengan madu untuk menghilangkan rasa pahitnya.

Itulah tadi beberapa cara mengolah jamur lingzhi untuk ramuan herbal terbaik sebagai obat berbagai jenis penyakit. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *