5 Ciri-ciri Jamur Lingzhi yang Bagus untuk Obat Herbal

Diposting pada
5 Ciri-ciri Jamur Lingzhi yang Bagus untuk Obat Herbal
5 Ciri-ciri Jamur Lingzhi yang Bagus untuk Obat Herbal

OmahJamur.com. Ciri-ciri Jamur Lingzhi yang Bagus – Jamur lingzhi tidak sama seperti jamur kayu lainnya, di mana jamur tidak tidak bisa dimakan secara langsung. Teksturnya yang keras serta rasanya yang pahit membuatnya perlu diolah terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Meskipun rasanya yang sering ditolak oleh lidah, namun jamur jenis ini punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Jamur lingzhi kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin di dalamnya yang tidak dapat ditemukan pada jenis jamur lainnya. Adanya kandungan nutrisi penting di dalamnya ini membuat jamur lingzhi sering dijadikan sebagai obat herbal. Bahkan penyakit ganas sekelas kanker juga dapat dicegah sekaligus diobati dengan jamur si Raja Obat satu ini.

Ciri-ciri Jamur Lingzhi yang Bagus untuk Obat Herbal

Ciri-ciri Jamur Lingzhi yang Bagus untuk Obat Herbal
Ciri-ciri Jamur Lingzhi yang Bagus untuk Obat Herbal

Di dunia ini ada banyak sekali jenis jamur yang tumbuh liar di alam, beberapa dari keluarga jamur kayu. Jamur kayu ini biasanya tumbuh pada batang dan akar tanaman, baik yang masih hidup ataupun yang sudah lapuk. Jenis jamur kayu sendiri ada beberapa yang beracun sehingga patut untuk dihindari.

Cukup sulit memang untuk membedakan jamur yang beracun dan yang dapat dikonsumsi. Apalagi bagi kita yang masih awam dalam hal ini, tidak jarang salah mengira bahwa jamur yang beracun dapat dikonsumsi. Terlihat dari banyaknya kasus warga yang mengalami efek keracunan akibat mengonsumsi jamur beracun.

Sebenarnya jamur beracun bisa dilihat dari ciri-cirinya, yang paling umum adalah baunya yang menyengat dan bahkan berbau tidak sedap. Selain itu, bisa dilihat di mana jamur tersebut itu tumbuh. Untuk jamur kayu, hampir semuanya dapat dikonsumsi alias tidak beracun. Salah satunya adalah jamur lingzhi ini yang kerap kali dikira beracun, namun justru bisa dijadikan obat dari segala penyakit.

Jamur lingzhi memiliki beberapa tanda atau ciri yang bisa dikenali, baik dari segi bentuk, warna, aroma dan teksturnya. Memilih jamur lingzhi yang berkualitas bagus akan memberikan manfaat yang lebih saat kita mengonsumsinya sebagai obat hernal. Adapun ciri-ciri jamur lingzhi yang bagus untuk kesehatan tubuh selengkapnya, sebagai berikut:

1. Warna yang Bervariasi

Jamur lingzhi memiliki ciri warnanya yang bervariasi yang menghiasi bagian tudung hingga batangnya. Ciri warna dari jamur lingzhi ini mulai dari putih di bagian tepi, oranye, merah kecokelatan dan hitam ujungnya. Warna ini akan terlihat variatif pada kondisi jamur basar atau baru dipanen.

Berbeda lagi warnanya jika jamur lingzhi dalam keadaan sudah kering, yang mana warna ini didominasi dengan warna cokelat tua. Bagian tepian jamur yang berwarna putih akan memudah dan berubah menjadi cokelat muda.

2. Bentuknya Unik dengan Batang Kecil

Jika jamur konsumsi umumnya memiliki batang tubuh yang memanjang, berbeda dengan jamur lingzhi. Jamur jenis ini batang tubuhnya sangat pendek bahkan terlihat tidak memiliki batang, mirip seperti jamur tiram putih.

Sementara untuk bentuk tudungnya seperti ekor merak yang mengembang dengan batang/akar di ujung salah satu sisinya. Bentuknya memang terlihat unik, ditambah lagi dengan warnanya yang variatif.

3. Tidak Terlihat Cacat pada Jamur

Jamur lingzhi yang baik untuk dijadikan obat herbal memiliki bentuk yang seragam, meskipun ada beberapa yang ukurannya tidak begitu besar. Selain bentuk, warna dari jamur juga senada, baik itu untuk yang dijual dalam kondisi kering maupun basah.

Pada permukaan jamur terlihat mulus dengan warnanya yang teratur, tidak terdapat cacat sedikitpun. Hindari memilih jamur lingzhi yang memiliki bentuk tidak beraturan bahkan tepiannya yang tampak bergelombang. Jangan pula memilih jamur lingzhi yang terdapat benjolan tidak wajar atau cacat fisik lainnya.

4. Jamur Lingzhi Tampak Segar

Jika kamu membeli jamur lingzhi dalam keadaan basah atau baru dipanen, pastikan memilih yang memiliki warna cerah dan terkesan masih segar. Hal ini demi memastikan kualitas dari jamur yang masih bagus dan baik untuk dijadikan obat herbal.

Sementara jika kamu membeli jamur lingzhi kering, pastikan warna dan bentuk dari jamur tampak seragam.

5. Aroma yang Khas

Baik jamur lingzhi kering maupun basah, jamur jenis ini biasanya memiliki aroma yang khas layaknya jamur kayu lainnya. Jamur lingzhi yang baik untuk kesehatan memiliki aroma kayu yang kuat. Beda lagi jika jamur memiliki aroma seperti busuk atau bau tidak sedap, sebaiknya urungkan niatmu untuk memilih jamur lingzhi tersebut.

Tekstur jamur lingzhi terkesan keras dengan permukaannya yang kering, tidak memiliki lendik sama sekali. Jika kamu mendapati jamur lingzi dipenuhi dengan lendir dan beraroma tidak sedap, sebaiknya jangan memilihnya.

Itulah tadi ciri-ciri jamur lingzhi yang bagus untuk dijadikan obat herbal yang harus kamu tahu. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *