7 Efek Samping Jamur Merang Bagi Tubuh yang Wajib Diketahui

Diposting pada
7 Efek Samping Jamur Merang Bagi Tubuh yang Wajib Diketahui
7 Efek Samping Jamur Merang Bagi Tubuh yang Wajib Diketahui

OmahJamur.com. Efek Samping Jamur Merang – Seperti yang kita tahu, jamur merang merupakan salah satu jenis jamur dengan cawan yang dapat dikonsumsi oleh manusia. Tidak hanya itu, jamur merang memiliki cita rasa yang gurih dan enak, membuatnya cocok dijadikan berbagai macam olahan masakan. Jamur merang dapat tumbuh alami di alam, namun cukup jarang seseorang bisa menemukannya. Beruntungnya sekarang ini sudah banyak orang yang mulai membudidayakan jamur merang untuk dijual lagi di pasaran.

Jamur merang selain memiliki rasa yang enak juga kaya akan nutrisi. Ini menjadikannya sebagai salah satu jenis makanan paling bergizi dan bisa dikonsumsi untuk semua kalangan usia. Namun, ada kalanya jamur jenis ini akan memberikan efek samping ringan hingga berbahaya bagi tubuh. Hal ini bisa terjadi jika kita salah dalam mengolahnya dan juga mengonsumsi jamur merang secara berlebihan. Mengenai bahaya jamur merang jika dikonsumsi dengan cara yang salah selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Efek Samping Jamur Merang Bagi Tubuh yang Wajib Diketahui

Efek Samping Jamur Merang Bagi Tubuh yang Wajib Diketahui
Efek Samping Jamur Merang Bagi Tubuh yang Wajib Diketahui

Apa pun yang dikonsumsi dengan cara yang salah akan menyebabkan efek berbaya bagi tubuh, termasuk jamur merang. Sejatinya jamur merang termasuk salah satu jenis jamur yang kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti Protein, Karbohidrat, Kalium, Kalsium, hingga Vitamin. Hal ini membuat jamur merang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh.

Akan tetapi, pada kondisi tertentu mengosumsi jamur ini justru menimbulkan efek samping bagi tubuh. Adapun beberapa efek samping jamur merang bagi tubuh tersebut, di antaranya:

1. Keracunan

Bahaya jamur merang jika dikonsumsi secara berlebihan akan mengakibatkan keracunan pada diri seseorang. Keracunan yang diderita bisa dibilang cukup ringan, akan sembuh dengan mengonsumsi obat alami ataupun obat racikan dari dokter.

Namun, hal ini tidak akan dialami jika kita mengonsumsi jamur merang dalam batas yang wajar. Selain karena pengonsumsian jamur merang dalam skala banyak, keracunan juga bisa dialami jika jamur merang yang dikonsumsi telah terkontaminasi bahan berbahaya atau tidak dirawat dengan cara yang benar.

2. Halusinasi

Layaknya jamur yang tumbuh di pembuangan kotoran hewan ternak, jamur merang juga dapat menyebabkan seseorang yang mengonsumsinya mengalami halusinasi. Ia akan bertindak secara tidak sadar dan tanpa kontrol penuh olehnya.

Tentu saja efek samping semacam ini hanya akan dialami oleh seseorang yang berlebihan dalam mengonsumsi jamur jenis ini.

3. Alergi

Beberapa orang mungkin akan mengalami gejala alergi setelah mengonsumsi jamur merang, khususnya jika mengonsumsinya dengan porsi banyak alias tidak wajar. Gejala alergi yang mungkin dialami, seperti muncul ruam kulit, iritasi pada kulit dan kondisi alergi lainnya. Bahkan seseorang yang tidak memiliki alergi pun akan mengalaminya jika menerapkan cara konsumsi yang berlebihan seperti ini.

Gejala lainnya yakni alergi paru-paru yang bisa saja dialami jika seseorang berlebihan dalam mengonsumsi jamur merang tersebut.

4. Sakit pada Perut

Mengonsumsi jamur merang maupun jenis jamur lainnya dengan porsi tidak wajar, biasanya akan menimbulkan masalah pada perut. Kebanyakan dari mereka akan mengalami diare yang cukup menyiksa, serta rasa sakit di bagian perutnya.

Kondisi lainnya yang diakibatkan kebanyakan makan jamur merang, seperti kram perut, mual dan juga muntah-muntah.

5. Penyumbatan Pembuluh Darah

Pada jamur merang terdapat banyak kandungan nutrisi di dalamnya, salah satunya adalah Fosfor sebanyak 30%. Kandungan fosfor yang tinggi di dalam jamur jenis ini akan memberikan efek negatif jika kita mengonsumsinya secara berlebihan dan tanpa henti.

Kandungan fosfor tinggi dapat menyebabkan penumpukan pada pembuluh darah sehingga membuatnya semakin menyempit yang akhirnya aliran darah menjadi tidak lancar.

6. Gangguan Ginjal

Masalah gangguan fungsi ginjal bisa dialami oleh siapa saja dan penyebabnya dapat bervariasi. Salah satunya adalah karena kita telah berlebihan mengonsumsi jamur merang. Tentunya hal ini akan sangat menyakitnya dan menyiksa, perlu pengobatan lebih dini agar gangguan pada ginjal bisa diatasi.

Efek samping jamur merang yang menyebabkan gangguan ginjal juga bisa terjadi jika jamur merang yang dikonsumsi telah terkontaminasi logam berat, seperti timbal dan substrat. Untuk itu, penting memilih jamur merang yang berkualitas tinggi dan dibudidayakan dengan benar.

7. Kerusakan Saraf

Efek samping lainnya yang bisa dialami seseorang setelah mengonsumsi jamur jenis ini, yakni kerusakan pada sarafnya. Bukan tanpa alasan, masalah kerusakan saraf ini akan dialami jika jamur merang yang dikonsumsi telah terkontaminasi oleh logam berat, seperti timbal dan substrat.

Itulah tadi beberapa efek samping jamur merang bagi kesehatan tubuh yang wajib diketahui. Kesimpulannya, jamur merang akan memberikan efek samping berbahaya di atas jika kita berlebihan dalam mengonsumsinya. Memilih jamur merang berkualitas penting untuk diterapkan agar kita terbebas dari efek samping berbahaya di atas. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *