5 Cara Memilih Jamur Kuping yang Bagus untuk Dikonsumsi

Diposting pada
5 Cara Memilih Jamur Kuping yang Bagus untuk Dikonsumsi
5 Cara Memilih Jamur Kuping yang Bagus untuk Dikonsumsi

OmahJamur.com. Jamur Kuping yang Bagus untuk Dikonsumsi – Ada banyak jenis jamur konsumsi yang bisa kita temukan saat ini, salah satunya adalah jamur kuping. Jamur kuping sendiri termasuk jenis jamur konsumsi dari keluarga jamur kayu. Bentuknya yang mirip kuping atau telinga membuatnya dinamai dengan jamur kuping.

Jamur kuping sendiri terdiri dari beberapa macam, namun yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat kita adalah jamur kuping merah dan jamur kuping hitam. Keduanya memiliki tekstur yang kenyal dengan cita rasa gurih dan lezat. Kita bisa menggunakannya sebagai bahan masakan dari berbagai olahan. Untuk mengonsumsinya, pastikan kamu telah memilih jamur kuping yang memang layak untuk dikonsumsi.

Cara Memilih Jamur Kuping yang Bagus untuk Dikonsumsi

Cara Memilih Jamur Kuping yang Bagus untuk Dikonsumsi
Cara Memilih Jamur Kuping yang Bagus untuk Dikonsumsi

Ingin masak jamur kuping untuk sajian keluarga? Kamu perlu memperhatikan ciri-ciri jamur kuping yang bagus dan layak dikonsumsi. Hal ini sangat penting untuk menghindari risiko bahaya jika jamur kuping yang dimakan sudah tidak layak untuk dimakan. Selain itu, jamur kuping yang berkualitas ini akan menambah cita rasa masakan menjadi lebih lezat.

Adapun beberapa cara memilih jamur kuping yang bagus untuk dikonsumsi oleh keluarga selengkapnya, sebagai berikut:

1. Memiliki Warna yang Cerah dan Segar

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan saat memilih jamur kuping untuk dikonsumsi adalah warnanya. Jamur kuping sendiri ada yang berwarna hitam dan ada pula yang berwarna merah. Pastikan kamu memilih jamur kuping yang memiliki warna yang cerah dan terlihat segar, serta seragam.

Untuk jamur kuping merah biasanya warnanya ini lebih ke merah tua dengan sisi satunya agak hitam. Sementara untuk jamur kuping hitam, warna hitamnya ini agak ke abu-abuan. Jamur yang tampak segar berarti ia baru dipanen, ini akan menambah cita rasa jamur saat diolah menjadi bahan masakan.

2. Tekstur Jamur Kenyal

Jika kamu membeli jamur kuping basah, pastikan tekstur jamur masih kenyal di seluruh bagiannya. Tekstur kenyal ini menandakan jamur jenis ini masih belum terlalu lama dipanen, serta layak untuk dikonsumsi. Selain itu, permukaan jamur tidak berlendir meskipun jamurnya masih basah.

Beda ceritanya jika ada beberapa bagian dari jamur kulit yang sudah mengeras. Misalnya di bagian pinggiran atau tepi jamur kuping, sebaiknya jangan memilihnya. Jangan pula memilih jamur kuping yang bagian permukaannya berlendir, tentu ini sudah sangat menjijikkan.

3. Jamur Kuping Kering yang Terlihat Bagus

Sementara jika kamu membeli jamur kuping kering, tentu berbeda lagi cara pemilihannya. Jamur kuping yang bagus untuk dikonsumsi biasanya memiliki warna hitam ke abu-abuan dan segaram. Sementara untuk sisi satunya berwarna kehitaman dan seragam pula.

Jangan membeli jamur kuping kering yang warnanya kusam dan terlihat sudah disimpan dalam waktu lama. Ini tentunya jamur kuping dengan kondisi tersebut sudah tidak layak untuk dimakan.

4. Aroma Jamur Kuping yang Khas

Salah satu alasan kenapa banyak orang suka dengan jamur kuping untuk dijadikan olahan masakan adalah aromanya yang khas. Sama seperti jamur kayu lainnya, kamur kuping ini memiliki aroma khas mirip seperti aroma kayu dan baunya juga segar.

Berbeda lagi jika jamur kuping memiliki aroma yang busuk dan tidak nyaman, tentunya ini sudah tidak layak untuk dimakan.

5. Membeli di Tempat yang Terpercaya

Saat ini sudah banyak orang yang membudidayakan jamur kuping dan tidak jarang pula oknum yang menghalalkan banyak cara untuk memaksimalkan hasil panennya. Meskipun hal yang dilakukannya tersebut membahayakan orang yang mengonsumsi jamur hasil budidayanya.

Untuk itu, pastikan kamu membeli jamur kuping di tempat yang sudah terpercaya. Jangan tergiur harga yang murah jika kualitas jamur tidak menjamin kesehatan kamu dan keluarga. Untuk harga jamur kuping kering per 1kg biasanya dijual seharga Rp 150 ribuan di marketplace.

Itulah tadi beberapa cara memilih jamur kuping yang bagus untuk dimakan bisa kamu terapkan sendiri. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *