5 Cara Memilih Jamur Merang yang Bagus dan Berkualitas

Diposting pada
5 Cara Memilih Jamur Merang yang Bagus dan Berkualitas
5 Cara Memilih Jamur Merang yang Bagus dan Berkualitas

OmahJamur.com. Jamur Merang yang Bagus – Jamur merang merupakan salah satu jenis jamur konsumsi yang memiliki gizi cukup tinggi. Nutrisi tinggi di dalam jamur ini membuatnya dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari mengoptimalkan proses pencernaan, sebagai obat anti-kanker, menurunkan tekanan darah tinggi, baik untuk penderita diabetes dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun, untuk memastikan khasiat jamur merang dapat dinikmati, kualitas dari jamur jenis ini perlu diperhatikan. Jamur yang dijual di pasaran memiliki kualitas yang berbeda-beda, baik yang didapat dari hasil budidaya maupun dari alam.

Di bawah ini akan dijelaskan bagaimana cara memilih jamur merang yang bagus dan bermutu tinggi, sehingga akan memberikan manfaat maksimal bagi tubuh. Selain itu, jamur jenis ini yang berkualitas bagus juga akan terasa lebih enak dan guris saat dijadikan olahan masakan dan dikonsumsi untuk keluarga. Berikut tips membedakan jamur merang yang bagus dan tidak layak dikonsumsi yang bisa kalian terapkan.

Cara Memilih Jamur Merang yang Bagus dan Berkualitas

Cara Memilih Jamur Merang yang Bagus dan Berkualitas
Cara Memilih Jamur Merang yang Bagus dan Berkualitas

Jamur jenis ini yang berkualitas bagus sangat perlu dipilih untuk memastikan cita rasanya tetap gurih dan lezat saat dijadikan bahan masakan. Meskipun, hal ini juga tidak luput dari cara pengolahan jamur itu sendiri agar rasanya lebih nikmat. Jamur jenis ini berkualitas tinggi juga akan memastikan kandungan gizi di dalamnya tetap terjaga dan bisa kita nikmati khasiatnya.

Adapun beberapa cara memilih jamur merang yang bagus dan berkualitas baik selengkapnya, sebagai berikut:

1. Pilih Jamur Merah yang Masih Muda

Jamur muda memiliki tudung yang berbentuk bulat dan terlapisi oleh selubung sehingga belum bisa mekar sempurna. Jamur yang muda ini memiliki warna cokelat gelap hingga abu-abu dengan batang berwarna cokelat muda. Jamur yang masih muda memiliki cita rasa yang lebih enak dibandingkan yang sudah dewasa atau tua, serta kandungan gizinya lebih baik.

Sementara untuk jamur jenis ini yang sudah dewasa atau tua biasanya bagian tudungnya terlihat lebih mekar atau mengembang. Selain itu, selubung yang menjadi pelapis di bagian tudung jamur sudah terlepas. Meskipun tetap bisa dikonsumsi, namun jamur jenis ini yang sudah tua ini kurang lezat ketika dikonsumsi.

2. Pilih Jamur Merang yang Masih Segar

Jamur yang baru dipanen akan terlihat lebih segar dibandingkan yang sudah lama dipanennya. Jamur yang masih segar bisa bisa dilihat dari warnanya yang cerah dan permukaannya yang masih halus. Berbeda dengan jamur ini yang sudah layu, permukaannya terasa kasar, kering, dan sedikit keriput.

Jamur yang masih segar ini akan lebih lezat dan gurih ketika dijadikan bahan masakan. Baik itu, menjadikannya sebagai tumisan, pepes, campuran kuah sup, atau tambahan masakan lainnya.

3. Pilih Jamur Merang yang Bagian Bawahnya Belum Menghitam

Cara membedakan jamur merang yang bagus dan sudah tidak layak dikonsumsi lainnya yakni bisa dilihat di bagian bawahnya. Jika di bagian bawahnya terlihat kehitaman, itu menandakan jamur tersebut sudah tidak enak untuk dikonsumsi.

Warna kehitaman pada bagian bawah jamur akan terlihat jika jamur sudah semakin dewasa. Biasanya cita rasa jamur ini akan berubah dibandingkan denagn jamur yang masih muda dan kuncup.

4. Lihat Kemasan Jamur Merang

Kemasan jamur yang terlihat rapi dan bersih bisa menjadi tanda kalau jamur yang ada di dalamnya berkualitas bagus. Produksi jamur jenis ini yang dijaga betul dan dirawat dengan baik sehingga akan menghasilkan jamur berkualitas bagus.

Jika membelinya di tukang sayur keliling, mungkin kamu tidak akan menemukan kemasan, melainkan jamur yang diberi wadah kresek biasa. Untuk itu, kamu bisa mempertimbangkannya dengan beberapa tips di atas agar mendapatkan jamur yang masih bagus.

5. Perhatikan Tempat Membeli Jamur Merang

Belanja sayuran bisa di mana saja, bahkan saat ini sudah banyak supermarket yang menyediakan beragam jenis sayuran yang berkualitas tinggi. Tidak jarang di supermarket atau tempat belanjaan modern ini menyediakan jamur ini dalam kemasan yang bagus dan bersih.

Meski demikian, bukan berarti jamur jenis ini yang dijual di pasar tradisional atau tukang sayur keliling tidak layak untuk dibeli. Kamu tetap bisa membelinya asalkan lebih jeli dalam memilih jamur yang bagus. Kamu dapat menerapkan tips memilih jamur yang bagus sesuai dengan yang sudah dijelaskan pada poin 1-3 di atas.

Itulah tadi beberapa cara memilih jamur merang yang berkualitas bagus bisa kalian terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *