Jamur Tiram Cokelat yang Mulai Mendominasi Pasar Indonesia

Diposting pada
Jamur Tiram Cokelat yang Mulai Mendominasi Pasar Indonesia
Jamur Tiram Cokelat yang Mulai Mendominasi Pasar Indonesia

OmahJamur.com. Jamur Tiram Cokelat – Banyak dari kita yang belum tahu dengan jamur jenis ini yang masih satu keluarga dengan jamur tiram putih. Produksinya yang masih terbatas di Indonesia membuat penyebaran jamur jenis ini yang berwarna cokelat ini berjalan lambat. Padahal untuk soal rasa lebih enak dan gurih dibandingkan jamur tiram putih yang sering kita temui.

Di beberapa daerah juga minat pasar terhadap jamur tiram coklat ini masih sangat rendah, misalnya saja di Jakarta. Alasannya, karena sebagian besar masyarakat masih suka mengosumsi jamur tiram putih karena memang mudah ditemukan. Namun, seiring berjalannya warna kini jamur tiram yang khas dengan warnanya yang cokelat ini mulai diminati oleh masyarkat Indonesia.

Jamur Tiram Cokelat yang Mulai Mendominasi Pasar Indonesia

Jamur Tiram Cokelat yang Mulai Mendominasi Pasar Indonesia
Jamur Tiram Cokelat yang Mulai Mendominasi Pasar Indonesia

Banyak yang bertanya jamur coklat namanya apa, namun masih banyak yang bingung bahkan tidak mendapatkan jawaban yang tepat. Jamur jenis ini memiliki nama ilmiah Pleurotus cystidiosus L yang merupakan salah satu jenis jamur konsumsi yang umumnya tumbuh liar di alam.

Seiring berkembangnya zaman, mulai banyak orang yang memulai untuk membudidayakan jamur tiram dengan warna cokelat tersebut. Produksinya semakin meningkat, berjalan seimbang dengan permintaan pasar yang juga mulai meningkat di beberapa daerah di Indonesia.

Cara budidaya Pleurotus cystidiosus L ini sama dengan jamur tiram putih yang populer di pasaran saat ini. Yakni kita akan menggunakan media tanam berupa baglog, sebutan untuk kantong plastik yang diisi dengan serbuk kayu dan substrat / bibit jamur dan dipress hingga menjadi padat.

Jamur tiram yang berwarna cokelat ini memiliki tudung tubuh yang lebih tebal dibandingkan dengan jamur tiram putih. Hal ini membuat ketahanan dari jamur ini terbilang lebih awet, kamu tidak perlu takut jamur membusuk dengan cepat. Dagingnya yang kenyal saat dimasak, bahkan banyak orang mengganggap jamur ini lebih mirip seperti daging hewan.

Tekstur dagingnya yang kenyal dan empuk layaknya daging hewan ini membuatnya sering dijadikan sebagai pengganti bahan daging di dalam olahan masakan. Kita bisa menjadikan jamur jenis ini sebagai olahan sate jamur, tumisan, campuran sup dan lain sebagainya.

Kandungan Nutrisi di Dalam Jamur Tiram Cokelat

Kandungan Nutrisi di Dalam Jamur Tiram Cokelat
Kandungan Nutrisi di Dalam Jamur Tiram Cokelat

Kita tahu jamur tiram putih banyak diminati karena kandungan nutrisi di dalamnya yang baik untuk kesehatan tubuh. Begitu juga pada jenis jamur tiram yang berwarna coklat ini, yang mana di dalamnya kaya akan kandungan gizi yang baik bagi tubuh. Beberapa kandungan di dalam jamur tiram coklat tersebut, antara lain:

1. Vitamin A

Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin yang sangat diperlukan oleh tubuh. Vitamin A bisa didapatkan dari berbagai bahan makanan, termasuk dari jamur tiram. Salah satu manfaat yang diberikan oleh Vitamin A ini adalah sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas di tubuh.

2. Vitamin B

Selain Vitamin A, di dalam jamur tiram yang berwarna coklat ini juga diperkaya dengan Vitamin B. Kandungan vitamin satu ini memiliki khasiat utama untuk membantu menjaga kesehatan dan fungsi organ di dalam tubuh.

3. Vitamin C

Dan selanjutnya ada kandungan Vitamin C yang juga bisa kita temukan di dalam jamur tiram coklat ini. Manfaat utamanya untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, meskipun di cuaca ekstrim.

Kandungan Vitamin A, B, dan C di dalam jamur tiram coklat ini diklaim lebih tinggi dibandingkan jamur tiram putih. Sementara untuk cita rasanya lebih gurih dan enak sehingga kamu perlu mempertimbangkan untuk memilihnya untuk bahan masakan di rumah.

Itulah Tadi sedikit informasi mengenai jamur tiram cokelat yang mulai banyak diminati oleh masyarakat kita. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *