Jenis Jamur yang Cocok Dibuat Sate Jamur Enak

Diposting pada
Jenis Jamur yang Cocok Dibuat Sate Jamur Enak
Jenis Jamur yang Cocok Dibuat Sate Jamur Enak

OmahJamur.com. Jamur yang Cocok Dibuat Sate – Sate umumnya dibuat dari bahan daging hewan, seperti daging sapi, daging ayam, daging kambing, daging domba dan lain sebagainya. Namun, tahukah kamu? Ternyata jamur juga cocok lho dijadikan sebagai sate. Cita rasa dari sate jamur ini tidak kalah dengan sate yang dibuat dari bahan daging hewan. Ini tentunya bisa dijadikan alternatif bagi kalian yang kurang menyukai daging atau seorang vegetarian, tetapi ingin menikmati kelezatan dari sate.

Untuk membuat sate jamur, ada beberapa jenis jamur yang cocok untuk digunakan. Tentunya tidak semua jenis jamur konsumsi bisa dijadikan sate, dikarenakan teksturnya yang terlalu lembek dan mudah hancur. Berikut ini beberapa jenis jamur yang cocok dibikin sate jamur yang nantinya bisa kalian praktekkan sendiri di rumah. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Jenis Jamur yang Cocok Dibuat Sate Jamur Enak

Jenis Jamur yang Cocok Dibuat Sate Jamur Enak

Jamur konsumsi atau jamur yang bisa dimakan ada banyak sekali jenisnya. Beberapa ada yang bisa kita jumpai dengan mudah di alam, ada pula yang harus melewati langkah budidaya. Sebut saja jamur tiram yang menjadi salah satu jenis jamur budidaya paling banyak di Indonesia saat ini.

Akan tetapi, untuk urusan pembuatan sate jamur, tidak semua jenis jamur konsumsi ini bisa digunakan. Hanya beberapa jenis jamur saja yang dirasa cocok digunakan sebagai bahan pembuatan sate jamur yang lezat. Adapun beberapa jenis jamur yang cocok dibuat sate jamur selengkapnya, sebagai berikut:

1. Jamur Tiram

Jamur Tiram merupakan salah satu jenis jamur yang dapat dimakan dan mudah kita jumpai di berbagai daerah. Ini karena para pembudidaya jamur tiram di Indonesia sangat banyak jumlahnya. Terlebih lagi permintaan pasar atas jamur tiram ini terus meningkat sehingga produksinya pun diperluas.

Jamur tiram memiliki bentuk yang khas mirip cangkang tiram, inilah yang membuatnya diberi nama jamur tiram. Jenis jamur ini memiliki tekstur yang kenyal dan lembut saat dimasak, serta memiliki cita rasa gurih membuatnya disukai oleh banyak orang. Kita bisa mengolah jarum tiram menjadi berbagai jenis masakan, termasuk juga sate jamur tiram.

Dijadikan sebagai olahan sate, jamur tiram akan mengeluarkan cita rasa yang gurih dan khas ketika dibakar. Sebelumnya kamu perlu merebus jamur tiram selama kurang lebih 5 menit, kemudian dinginkan dengan merendamnya di air dingin atau menaruhnya di dalam lemari pendingin. Selanjutnya tinggal ditusuk-tusuk layaknya sate dan dibakar menggunakan panggangan hingga matang, lalu ditaburi bumbu satenya.

2. Jamur Merang

Jamur merang juga menjadi salah satu jenis jamur yang dapat dikonsumsi dan cukup populer di Indonesia. Jamur satu ini punya bentuk yang unik, di mana saat masih muda tudungnya akan terlapisi oleh selubung sebagai pelindungnya. Sementara jika sudah menginjak usia dewasa, selubung tersebut secara perlahan akan terlepas dan tudungnya mulai mengembang.

Jamur merang cocok dijadikan sebagai bahan masakan berbagai jenis olahan, termasuk juga olahan sate. Untuk membuat teksturnya lebih lembut dan tidak terlalu keras, kamu perlu merebusnya sebentar dengan air. Kemudian tiriskan dan dinginkan dengan menaruhnya ke dalam air dingin dan rendam beberapa saat. Jika suda, selanjutnya kamu bisa langsung menggunakannya sebagai bahan sate yang enak.

Jamur merang memiliki tekstur daging yang agak kenyal, namun tidak terlalu keras. Teksturnya ini mirip seperti daging kambing, hanya saja aromanya yang lebih khas. Dicampur dengan bumbu kacang (sate) akan membangkitnya cita rasa enak dan nikmat dari jamur ini.

3. Jamur Kancing

Jamur kancing memiliki bentuk yang unik, beberapa dari kalian mungkin juga menganggap jamur ini sebagai jenis jamur yang paling sempurna bentuknya. Bagian tudungnya berbentuk bulat dengan batang yang tidak begitu panjang. Warnanya putih hingga ke abu-abuan, terkadang ada pula yang berwarna kecokelatan. Banyak orang yang salah paham dengan jenis jamur ini, yang mana mereka menganggapnya sama dengan jamur merang.

Jamur kancing juga termasuk jenis jamur yang paling populer dan banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan kita bisa menemukannya dengan mudah di tukang sayur keliling. Jamur kancing sendiri cocok digunakan sebagai bahan berbagai macam olahan masakan dengan cita rasa yang gurih, kenyal dan enak pastinya.

Jamur kancing juga cocok dijadikan sebagai sate jamur yang tidak kalah enak rasanya dengan jenis jamur lainnya. Pengolahan yang tepat akan menghasilkan sate jamur yang nikmat dan bikin nagih.

4. Jamur Cendawan

Ini merupakan jenis jamur yang cukup sering kita temukan di alam bebas, khususnya saat suhu sedang lembap-lembapnya dan angin bertiup kencang. Jamur alam ini sendiri biasanya akan tumbuh secara liar dan umumnya bergerombol. Jika tidak, kemungkinan jamur akan tumbuh masih di satu area, lebih tepatnya di tempat yang teduh dan lembap.

Jamur cendawan paling enak ditumis, yang mana cita rasanya gurih dan lezat. Selain itu, jamur cendawan juga cocok dijadikan sebagai sate yang disiram dengan bumbu kacang yang khas.

Itulah tadi beberapa jenis jamur yang cocok dijadikan sate jamur yang enak dan lezat bisa kamu pilih. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *