Contoh Gambar Kumbung Jamur Tiram Paranet

Diposting pada
Contoh Gambar Kumbung Jamur Tiram Paranet
Contoh Gambar Kumbung Jamur Tiram Paranet

OmahJamur.com. Kumbung Jamur Tiram Paranet – Kumbung merupakan ruangan khusus yang dibuat untuk menaruh baglog yang sudah mulai tumbuh jamur tiram. Di dalam kumbung biasanya terdapat rak-rak yang dijadikan sebagai tempat untuk menaruh dan menata baglog jamur tiram. Di tempat ini perawatan jamur tiram dilakukan dari mulai tumbuh sampai bisa dipanen.

Selain perawatan yang baik dan rutin, desain kumbung untuk jamur tiram ini harus sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan oleh jamur tiram agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Salah dalam membuat desain kumbung akan membuat pertumbuhan jamur tiram kurang maksimal, bahkan bisa jadi jamur mati. Kumbung untuk jamur tiram putih maupun jamur tiram coklat ini bisa dibuat dari paranet untuk lebih menghemat biaya.

Kesalahan Pembudidaya dalam Pembuatan Kumbung yang Sering Terjadi

Kesalahan Pembudidaya dalam Pembuatan Kumbung yang Sering Terjadi
Kesalahan Pembudidaya dalam Pembuatan Kumbung yang Sering Terjadi

Membuat kumbung jamur tiram tidak boleh sembarangan, karena ini akan berdampak pada kualitas hidup jamur itu sendiri. Kumbung yang baik untuk jamur tiram memiliki sirkulasi udara yang cukup, mendapatkan pencahayaan matahari cukup, suhu ruangan lembap dan tidak terlalu kering. Kondisi ini akan menunjang pertumbuhan jamur tiram sehingga dapat berkembang dengan sempurna yang akhirnya berdampak pada hasil panen yang melimpah.

Meski begitu, terdapat beberapa kesalahan pembudidaya dalam membuat kumbung jamur tersebut, bahkan ini sering sekali terjadi serta banyak yang mengabaikannya. Adapun beberapa kesalahan dalam membuat kumbung untuk rumah jamur tiram tersebut, di antaranya:

1. Kumbung Sepenuhnya Tertutup Tanpa Pencahayaan dari Luar

Ini merupakan kesalahan paling fatal dalam pembuatan kumbung untuk budidaya jamur tiram. Baik itu, budidaya jamur tiram putih maupun jamur tiram coklat, semuanya sama saja. Banyak pembudidaya mengira kalau kumbung jamur harus didesain tertutup tanpa ada sinar matahari yang masuk.

Pada kenyataannya jamur tiram masih membutuhkan asupan cahaya sinar matahari yang cukup, meskipun tidak banyak. Cahaya matahari, bukan cahaya lampu yang dibutuhkan oleh jamur tiram agar berkembang sempurna. Dalam hal ini penggunaan paranet sudah cukup untuk memfilter cahaya matahari, yang mana masih ada sebagian cahaya yang masuk ke dalam kumbung.

2. Tidak Diberikan Ventilasi Udara

Jamur tiram memang butuh tempat yang lembap untuk bisa tumbuh dengan lebih optimal. Namun, dalam hal ini udara di dalam ruangan perlu bertukar dengan udara luar, sehingga butuh yang namanya ventilasi udara.

Adanya ventilasi ini akan memudahkan sirkulasi udara yang masuk dan keluar sehingga akan menunjang pertumbuhan jamur tiram. Untuk soal sirkulasi udara ini kita bisa memanfaatkan dinding yang terbuat dari paranet atau anyaman bambu. Jika memang menggunakan dinding tembok, maka penambahan ventilasi atau pintu buka tutup bisa dijadikan pilihan.

3. Penggunaan Atap Asbes

Atap asbes memang lebih ringkas dan praktis pemasangannya dibandingkan atap genteng. Akan tetapi, penggunaan asbes untuk atap kumbung jamur tiram diklaim dapat meningkatkan suhu panas di dalam ruangan. Ini tentunya kurang baik untuk pertumbuhan jamur, bahkan dapat menyebabkan kematian.

Disarankan untuk menggunakan atap genteng yang lebih dapat menjaga suhu udara di dalam ruangan kumbung.

4. Penataan Rak di dalam Kumbung yang Terlalu Rapat

Memang benar, semakin banyak baglog jamur maka akan meningkatkan hasil panen jamur tiram. Biasanya pembudidaya mengisi rak tempat baglog jamur dengan jumlah banyak di dalam kumbung, serta dengan jarak yang berdekatan. Padahal, cara ini diklaim kurang efektfif untuk pertumbuhan jamur tiram.

Lebih disarankan untuk menata rak baglog jamur tiram dengan jarak yang sedang atau tidak terlalu rapat, setidaknya kita masih bisa berjalan di antara rak-rak tersebut.

Contoh Gambar Kumbung Jamur Tiram Paranet

Contoh Gambar Kumbung Jamur Tiram Paranet
Contoh Gambar Kumbung Jamur Tiram Paranet

Membuat kumbung jamur tiram bisa menggunakan tambahan paranet sebagai opsi menjaga sirkulasi udara tetap baik serta mencukupi kebutuhan sinar matahari yang masuk. Paranet yang bisa digunakan untuk dinding kumbung rumah jamur ini memiliki tingkat kerapatan yang berbeda-beda dalam memfilter cahaya matahari, mulai dari 65%, 75%, hingga 85%.

Penggunaan paranet diklaim dapat menghemat biaya dalam pembuatan kumbung jamur, terlebih lagi penggunaannya cukup efektif untuk menunjang pertumbuhan jamur. Kamu yang masih bingung dalam hal mendesain kumbung jamur tiram dengan dinding paranet, di bawah ini kami sediakan beberapa contoh gambarnya, antara lain:

Itulah tadi beberapa contoh gambar kumbung jamur tiram paranet yang bagus untuk budidaya jamur tiram. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *