5 Manfaat Jamur Kuping untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

Diposting pada
5 Manfaat Jamur Kuping untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui
5 Manfaat Jamur Kuping untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

OmahJamur.com. Manfaat Jamur Kuping untuk Ibu Hamil – Jamur kuping termasuk salah satu jenis jamur dari keluarga jamur kayu yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia. Jamur kuping memiliki tekstur yang kenyal serta mirip seperti daging hewan. Karena hal inilah banyak orang yang menjadikan jamur ini sebagai pengganti daging untuk membuat olahan masakan.

Jamur kuping merupakan salah satu jamur konsumsi yang paling ramah untuk dikonsumsi, bahkan diklaim baik untuk ibu hamil. Hal ini dikarenakan pada jamur kuping mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi kesehatan ibu hamil dan janinnya. Informasi selengkapnya mengenai khasiat jamur kuping bagi ibu hamil bisa kalian simak di bawah ini.

Manfaat Jamur Kuping untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

Manfaat Jamur Kuping untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui
Manfaat Jamur Kuping untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

Di dalam jamur kuping terkandung banyak nutrisi baik bagi kesehatan tubuh, khususnya bagi ibu hamil. Beberapa kandungan gizi di dalam jamur kuping tersebut, antara lain:

  1. Air
  2. Zat besi
  3. Beta-Karoten
  4. Fosfor
  5. Kalium
  6. Kalsium
  7. Karbohidrat
  8. Lemak
  9. Protein
  10. Natrium
  11. Niasin
  12. Vitamin A
  13. Vitamin B2
  14. Serat
  15. Zinc
  16. Vitamin B1
  17. Vitamin C

Kandungan nutrisi tersebut bisa ditemukan pada jamur kuping kering maupun jamur kuping basah. Yang pasti adanya kandungan ini memberikan manfaat baik bagi kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Adapun beberapa manfaat jamur kuping untuk ibu hamil selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil

Manfaat yang pertama bisa didapatkan dari jamur kuping yakni dapat meningkatkan daya tahan tubuh ibu selama kehamilan. Manfaat ini didapat dari adanya kandungan vitamin C yang dapat berfungsi sebagai antioksidan.

Ibu hamil akan lebih sehat dan tidak mudah terserang sakit, meskipun di kondisi cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini.

2. Mencegah Anemia atau Kurang Darah

Pada jamur kuping terdapat kandungan zat besi yang cukup tinggi, di mana kandungan ini akan menstabilkan tekanan darah pada ibu hamil. Mengonsumsi jamur kuping akan membantu mencegah anemia atau kurang darah yang tentunya berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin.

Manfaat ini bukan hanya bisa dirasakan oleh ibu hamil saja, melainkan semua orang yang mengonsumsi jamur kuping. Baik itu, mengonsumsi jamur kuping kering maupun jamur kuping basah.

3. Mencegah Pre-eklampsia pada Ibu Hamil

Pre-eklampsia pada ibu hamil merupakan kondisi yang sangat berbahaya, efeknya bisa berdampak pada ibu maupun bayi yang dikandungnya. Apalagi jika tidak mendapatkan penanganan secara cepat dan tepat, tentunya ini akan sangat berbahaya.

Untuk mencegah kondisi pre-eklampsia pada ibu hamil ini, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi jamur kuping. Manfaat ini didapat dari adanya kandungan Riboflavin yang ada di dalam jamur kuping tersebut.

4. Membantu Perkembangan Janin

Manfaat jamur kuping untuk ibu hamil lainnya yakni dapat membantu mengoptimalkan perkembangan janin yang dikandung. Janin akan tumbuh dengan sehat dan sempurna hingga ia siap untuk dilahirkan ke dunia.

Manfaat baik untuk perkembangan janin dari jamur kuping ini didapatkan dari adanya kandungan Protein, Zat Besi dan Niasin yang ada di dalamnya.

5. Membantu Ibu Hamil dan Janin Lebih Sehat

Kesehatan ibu hamil adalah nomor satu sehingga beragam cara harus dilakukan untuk memastikan kesehatannya tersebut. Menjaga kesehatan ibu hamil bisa juga dengan mengonsumsi jenis makanan yang mengandung protein tinggi. Salah satunya adalah jamur kuping, baik yang kering maupun segar atau basah.

Di dalam jamur kuping sendiri terdapat kandungan protein yang dapat membantu menjaga kesehatan ibu dan janin. Selain itu, Protein ini juga berperan penting dalam proses pembentukan sel darah merah yang tentunya dibutuhkan oleh ibu hamil.

Itulah tadi beberapa khasiat jamur kuping untuk ibu hamil yang wajib kamu ketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi pembaca semuanya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *