3 Media Tanam Jamur Tiram Cokelat untuk Dibudidaya

Diposting pada
3 Media Tanam Jamur Tiram Cokelat untuk Dibudidaya
3 Media Tanam Jamur Tiram Cokelat untuk Dibudidaya

OmahJamur.com. Media Tanam Jamur Tiram Cokelat – Memulai usaha budidaya jamur tiram coklat atau cokelat, penting untuk mengetahui terlebih dahulu apa media tanam yang cocok untuk digunakan. Pemilihan media tanam ini akan sangat mempengaruhi hasil panen dari jamur tiram cokelat. Meskipun hal ini juga bisa dilatarbelakangi oleh faktor lain, seperti kualitas bibit atau substrat, ruangan, suhu, cara perawatan dan lain sebagainya.

Jamur tiram cokelat sendiri termasuk salah satu jenis jamur konsumsi dari keluarga jamur kayu. Kita bisa menemukannya dengan mudah di alam, biasanya tumbuh di batang kayu yang sudah melapuk. Karena merupakan keluarga dari jamur kayu, tentunya media tanam utama dari jamur ini adalah kayu. Akan tetapi, untuk memaksimalkan pertumbuhannya kita bisa menambahkan media lain sebagai campurannya.

Informasi Tentang Jamur Tiram Cokelat

Informasi Tentang Jamur Tiram Cokelat
Informasi Tentang Jamur Tiram Cokelat

Jamur tiram coklat memiliki nama binomial Pleurotus Cystidious yang masih keluarga dari jamur kayu. Meskipun sama-sama dari jenis jamur tiram, akan tetap terdapat perbedaan antara jamur tiram coklat dan putih ini. Perbedaan paling mencolok adalah dari segi warna bagian tudungnya, yang mana untuk jamur tiram cokelat memiliki warna permukaan tudung cokelat.

Jamur tiram coklat dapat dibudidayakan di daerah dengan ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut. Suhu ruangan sangat mempengaruhi pertumbuhan dari jamur ini, yang mana ruangan tidak oleh terpapar sinar matahari secara langsung. Hal ini akan membuat jamur tidak dapat tumbuh sempurna, bahkan bisa saja mati.

Jamur tiram cokelat memiliki tekstur daging yang lebih kenyal dibandingkan dengan jamur tiram putih. Selain itu, dagingnya terlihat lebih tebal khususnya di bagian daging tudungnya. Ketebalan daging pada jamur tiram coklat ini membuatnya lebih tahan lama dalam hal penyimpanannya. Selain itu, dagingnya yang kenyal ini juga membuatnya sangat mirip dengan daging hewan, sehingga bisa dijadikan sebagai alternatif olahan masakan daging.

Untuk soal rasa, jamur tiram coklat memiliki cita rasa yang lebih enak dan kenyal dibandingkan dengan jamur tiram putih. Selain itu, aroma khas dari jamur tiram coklat menjadi daya tarik tersendiri, dan ini yang membuatnya lebih enak untuk dijadikan bahan olahan masakan di rumah.

Media Tanam Jamur Tiram Cokelat untuk Dibudidaya

Media Tanam Jamur Tiram Cokelat untuk Dibudidaya
Media Tanam Jamur Tiram Cokelat untuk Dibudidaya

Kembali ke pembahasan media tanam yang cocok untuk jamur tiram coklat, di sini akan dijelaskan informasinya secara lengkap. Meskipun pada dasarnya jamur tiram coklat dapat tumbuh baik pada media kayu, namun penyiapan media tanam yang kurang tepat akan membuatnya sulit untuk tumbuh dan berkembang.

Media tanam yang akan digunakan untuk budidaya jamur tiram cokelat harus memiliki beberapa kandungan nutrisi yang memang dibutuhkan oleh jamur. Beberapa kandungan nutrisi pada media tanam jamur tiram coklat tersebut, antara lain:

  • Lignin
  • Karbohidrat (Sulosa dan Glukosa)
  • Protein
  • Serat
  • Vitamin
  • Nitrogen

Adapun beberapa jenis media tanam jamur tiram cokelat untuk proses budidaya modern dan konvensional selengkapnya, sebagai berikut:

1. Serbuk Gergaji Kayu

Media tanam utama yang bisa digunakan untuk budidaya jamur tiram coklat adalah serbuk gergaji kayu. Media tanam satu ini memang sering digunakan untuk budidaya jamur tiram, termasuk jamur tidak putih dan coklat.

Serbuk gergaji kayu yang digunakan harus yang full kayu, bersih dari kotoran atau bahan lain. Jadi, pastikan kamu mengambil serbuk gergaji kayu yang bersih dan belum tercampur bahan lainnya. Serbuk gergaji kayunya diusahan yang masih baru, meskipun bisa juga menggunakan serbuk gergaji kayu yang sudah lama.

2. Ampas Tahu (tepung)

Tepung ampas tahu merupakan salah satu jenis limbah dalam pembuatan tahu yang umumnya diberikan sebagai pakan ternak, seperti sapi dan domba. Namun, ternyata ampas tahu bisa kita gunakan sebagai bahan tambahan pada media tanam jamur tiram coklat. Tentunya buka sebagai bahan utama, melainkan campuran untuk media tanam serbuk gergaji kayu.

Di dalam ampas tahu terdapat beberapa kandungan zat atau nutrisi yang memang dibutuhkan oleh jamur agar bisa tumbuh. Beberapa kandungan zat penting di dalam ampas tahu tersebut, seperti Protein, Mineral, Vitamin, Karbohidrat dan juga Lemak.

Penggunaan ampas tahu untuk campuran media tanam jamur tiram coklat adalah untuk memaksimalkan hasil panennya. Di mana jamur tiram coklat yang dipanen nantinya akan tumbuh lebih banyak, dagingnya tebal serta menambah beratnya.

3. Daun Pisang Kering

Sama seperti ampas tahu di atas, dau pisang kering juga ditujukan dengan media tambahan atau campuran dari serbuk gergaji kayu untuk media tanam jamur tiram coklat. Sebenarnya kita masih bisa menggunakan jenis limbah pertanian lainnya, seperti kulit kopi, alang-alang, dan juga jerami. Namun yang paling efektif menggunakan daun pisang kering ini.

Daun pisang kering sendiri memiliki kandungan Hemisulosa yang tentunya dibutuhkan oleh jamur tiram coklat. Kandungan ini akan melengkapi nutrisi yang dibutuhkan jamur pada media tanamnya. Penggunaan daun pisang kering ini dipercaya dapat memaksimalkan berat jamur saat dipanen sehingga hasilnya lebih menguntungkan.

Itulah tadi beberapa jenis media tanam jamur tiram cokelat untuk proses budidaya yang wajib untuk kamu gunakan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *