5 Tips Mengolah Jamur Merang Supaya Lebih Sehat

Diposting pada
5 Tips Mengolah Jamur Merang Supaya Lebih Sehat
5 Tips Mengolah Jamur Merang Supaya Lebih Sehat

OmahJamur.com. Tips Mengolah Jamur Merang – Seperti yang dijelaskan sebelumnya, terdapat beberapa efek samping jamur merang yang dapat dirasakan jika kita salah dalam mengolah dan mengonsumsinya. Selain itu, efek samping berbahaya tersebut juga akan dialami jika sembarangan memilih jamur merang untuk dikonsumsi.

Pada artikel kali ini akan menjelaskan cara mengolah jamur merang yang baik dan benar agar lebih sehat. Sebaliknya, tips ini diberikan guna untuk mencegah efek samping berbahaya dari pengonsumsian jamur merang tersebut. Mengenai tips mengolah jamur merang yang benar dan menyehatkan selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Tips Mengolah Jamur Merang Supaya Lebih Sehat

Tips Mengolah Jamur Merang Supaya Lebih Sehat
Tips Mengolah Jamur Merang Supaya Lebih Sehat

Cara mengolah jamur merang untuk dijadikan olahan masakan memang tidak jauh berbeda dengan jenis jamur lainnya. Rasanya yang enak dan gurih membuatnya cocok digunakan sebagai bahan masakan. Kita dapat mengolah jamur merang dengan cara ditumis, dijadikan campuran sup, dipepes, maupun dijadikan sebagai bahan pelengkap masakan lainnya.

Namun, sebelum mengolahnya menjadi beragam olahan masakan, penting untuk mengetahui tips pengolahan jamur merang yang benar. Hal ini bertujuan agar nutrisi di dalam jamur merang bisa diserap dengan maksimal oleh tubuh dan memberikan khasiat yang baik. Pengolahan yang salah juga akan mengakibatkan efek samping berbahaya bagi tubuh.

Adapun tips mengolah jamur merang supaya lebih menyehatkan dan tanpa menimbulkan efek samping berbaya selengkapnya, sebagai berikut:

1. Memilih Jamur Merang yang Bermutu Tinggi

Jamur merang sudah banyak dibudidaya di berbagai daerah di Indonesia. Produksi jamur merang yang masih minim dan permintaan pasar yang tinggi, semakin membuat banyak orang tertarik untuk membudidayakannya.

Akan tetapi, tidak semua dari mereka menerapkan budidaya jamur merang dengan benar. Beberapa ada yang mencarinya di alam, namun tanpa mengetahui apakah jamur merang yang ditemukan masih sehat atau sudah terkontaminasi bahan berbahaya.

Kita sebagai konsumen harus lebih teliti dalam memilih jamur merang yang akan dibeli dan dikonsumsi. Jamur merang yang berkualitas bagus biasanya terlihat segar dan masih muda. Tandanya bagian bulat (tudung) pada jamur masih belum mengembang dan terlindungi selubung. Sementara untuk warnanya terlihat cokelat tua hingga abu-abu, dengan warna batang cokelat muda.

Jamur merang yang berkualitas tinggi juga bisa kita lihat dari kemasannya, yang mana wadah pembungkus tampak bersih dan dikemas sempurna. Pada bagian tudung maupun batang jamur terlihat bersih dan mulus, tidak nampak cacat atau penyakit.

2. Bersihkan Jamur Merang

Setelah memilih jenis jamur merang yang bagus, selanjutnya kita mulai mengolahnya untuk dijadikan masakan yang lezat. Jamur merang yang telah dibeli kamu bersihkan dulu beberapa bagian yang berwarna kehitaman.

Bagian hitam pada jamur merang ini biasanya memiliki rasa yang pahit sehingga dapat mengganggu kelezatannya saat dimasak. Selanjutnya kamu potong-potong jamur merang hingga menjadi beberapa bagian atau sesuai selera.

3. Membersihkan Jamur Merang dengan Air dan Rendam Sebentar

Tips mengolah jamur merang selanjutnya, setelah jamur merang dibersihkan dan dipotong-potong, sekarang kamu bersihkan dengan air biasa. Taruh jamur merang yang sudah dipotong-potong ke dalam wadah dan tuangkan air bersih secukupnya. Remas-remas sedikit untuk merontokkan kotoran yang menempel pada jamur merang.

Buang air yang kotor dan tuangkan lagi air bersih, kemudian rendam sebentar jamur merang sekitar 5 menit.

4. Menciptakan Tekstur Lembut pada Jamur Merang dengan Merbusnya

Sebelum mulai dimasak dan dicampurkan sebagai bahan masakan, terlebih dahulu kamu rebus sebentar jamur merang. Tiriskan dulu jamur merang dari air rendaman tadi, dan mulailah merebusnya dengan air secukupnya.

Kamu bisa menambahkan sedikit garam pada air rebusan jamur merang untuk mengeluarkan cita rasa enak dan gurih darinya. Jangan terlalu lama merebusnya, sekitar 5 hingga 10 menit saja.

5. Mencega Proses Pematangan Berlebih dengan Merendam di Air Es

Proses pematangan setelah jamur merang direbus harus dihentikan agar tidak membuatnya terlalu matang. Jamur merang yang terlalu matang akan melepaskan semua nutrisi yang dikandungnya sehingga tidak akan bergizi lagi. Untuk menghentikan proses pematangan tersebut, kamu rendam jamur merang ke air es.

Proses perendaman jamur merang ke air es bisa dengan meniriskan dulu jamur merang dari tempat rebusan, kemudian memindahkannya ke dalam air es tersebut. Rendam sebentar saja, setelahnya kamu bisa mengolah jamur merang untuk bahan masakan.

Tips mengolah jamur merang di atas selain dapat membuat cita rasa jamur merang semakin gurih dan lezat, juga berguna untuk mempertahankan nutrisi yang dikandungnya. Dengan demikian gizi dari jamur merang akan tetap terjaga dan dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi tubuh. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk semua pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *